Politik    Sosial    Peristiwa    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Kesehatan   
Home » » Jokowi hemat Anggaran RP 50 Triliun, Sudah Seharusnya Presiden Seperti Ini

Jokowi hemat Anggaran RP 50 Triliun, Sudah Seharusnya Presiden Seperti Ini

Posted by ABL NEWS on Minggu, 17 April 2016


ABLNEWS |  Pemerintah menghemat Rp 50 triliun dalam alokasi dana di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016. Penghematan ini melalui pemangkasan belanja operasional dan belanja barang yang tidak prioritas.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), perintah pemotongan di kedua pos anggaran belanja tersebut sudah disampaikan ke semua kementerian/lembaga.

"Saya sudah perintahkan kepada seluruh kementerian/lembaga agar dalam APBN perubahan itu dipotong Rp 50 triliun dari biaya operasional, belanja operasional, belanja barang, yang tidak prioritas. Misalnya, perjalanan dinas, seminar-seminar, rapat-rapat, mobil dinas yang tidak perlu," ujar Jokowi di sela-sela kunjungan ke Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Kamis (14/4/2016).

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil, mengatakan pemotongan anggaran dilakukan berdasarkan proporsi besarnya anggaran. Sementara, pemotongan anggaran ini akan dibahas lagi dengan DPR pada bulan depan.

"Yang lain juga dipotong tapi pemotongan itu tergantung dari besarnya anggaran. Kemudian, schedule-nya akan dibawa dan dirumuskan lagi dengan DPR bulan Mei," jelasnya.

"Paling besar dipotong adalah kementerian yang paling besar budget-nya, yaitu Kementerian PUPR karena anggarannya besar sekali," tambah Sofyan.s

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 ABL NEWS. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger